Jumat, 31 Agustus 2018

Sukanto Tanoto Tak Main – Main Merintis Industri Kehutanan di Indonesia


Zoupix - Ya, Sukanto Tanoto memang tak pernah main – main dalam merintis bisnisnya, khususnya di industri kehutanan di Indonesia. Lihat saja, sekarang Royal Golden Eagle (RGE) yang merupakan salah satu perusahaan yang didirikan dan dipimpinnya kini mendapatkan kesuksesan yang luar biasa. Seperti yang kita tahu bersama, bahwa industri adalah sebuah usaha atau bisnis yang punya kegiatan pokok dalam mengelola bahan mentah jadi bahan setengah jadi atau pun bahan jadi. Nah, di Indonesia ternyata pertumbuhan industri terus alami peningkatan dari tahun ke tahunnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, serta iklim investasi yang juga semakin stabil. 

Di sisi lainnya, Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan wilayah hutan cukup luas di dunia. Iklim tropis yang dimilikinya juga paling pas untuk ditumbuhi berbagai macam jenis tanaman. Dengan begitu tak heran jika pada akhirnya jenis hutannya pun cenderung beragam. Mulai dari hutan musim – hutan hujan tropis yang menghijau di sepanjang tahun. Nah, melihat sisi menarik dari hutan yang ada di Indonesia Sukanto Tanoto sebagai salah satu pebisnis sukses di Indonesia pada sektor kehutanan memandang hal ini akan sangat bagus sekali sebagai peluang bisnis. Hutan di Indonesia memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus dan berkelanjutan. 

Sukanto Tanoto Tak Main – Main Merintis Industri Kehutanan di Indonesia
Gagasan Sukanto Tanoto mengenai hutan yang ada di Indonesia ini memang bukan tanpa alasan, karena ia memandang kondisi lahan di negeri kita ini secara umum sangat cocok untuk perkembangan beragam jenis tanaman dalam jangka panjang. Sehingga keberagaman hayati di Indonesia pun sangat tinggi. Yang demikian tersebut tentu saja jadi potensi yang sangat baik, karena dengan adanya keberagaman hayati, maka bisa dibilang proses dari pemanfaatan sumber daya hutan akan bisa dilakukan dengan bergilir. Sehingga kegiatan industri kehutanan di Indonesia akan tetap bisa berjalan tanpa harus mengancam kelestarian hutan. Karena pada saat sebagian wilayah hutan sedang diambil sumber dayanya, wilayah lain pastinya akan dilakukan peremajaan. 

Selain hal tersebut, Sukanto Tanoto juga lihat bahwa potensi hutan di Indonesia cocok sekali untuk dijadikan sebagai bahan baku berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Contohnya saja produk kayu lapis dan kertas seperti yang dirintis Sukanto. Ia melihat kebutuhan masyarakat akan kedua produk tersebut yang juga didukung dengan potensi hutan di Indonesia yang sangat mumpuni untuk sokong terwujudkan industri ini. Harapan Sukanto kepada para pelaku industri kehutanan di Indonesia agar bisa memanfaatkan dengan baik potensi tersebut, kemudian juga diiring pula dengan prinsip pengelolaan hutan terpadu serta berkelanjutan. 

Dikarenakan wilayah hutan yang ada di Indonesia begitu luas dan tak hanya didominasi oleh tanaman dalam jangka panjang, sehingga bisa digunakan pula untuk industri skala besar. Hutan di Indonesia bahkan juga punya jenis tanaman lain, seperti damar dan rotan yang nanti bisa dipergunakan untuk industri kreatif seperti kerajian dan lain sebagainya. Melihat hal tersebut, Sukanto Tanoto berpandangan bahwasannya pengembangan industri kehutanan di Indonesia memang benar – benar perlu mendapat dukungan serta perhatian dari pemerintah. 

Bisa dipastikan dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak, hutan di Indonesia pastinya juga akan bisa jadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia sendiri. Sehingga perekonomian di negara kita ini akan bisa lebih beragam, tak hanya terbatas pada sektor pertanian maupun kelautan saja, tetapi juga semakin merambah pada pemanfaatan potensi hutan yang selaras dengan pelestarian secara berkesinambungan.


EmoticonEmoticon