Senin, 25 Juni 2018

Tidak Menggaruk Kulit Yang Gatal Merupakan Salah Satu Cara Mengobati Alergi Kulit


Zoupix - Alergi merupakan suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu benda atau zat yang dianggap berbahaya yang sebenarnya hal tersebut bukanlah suatu hal yang berbahaya. Pemicu alergi tersebut hanya akan menimbulkan reaksi kepada orang-orang yang memiliki alergi tersebut, jadi ketika orang yang tidak memiliki alergi terpapar zat atau benda tersebut, orang tersebut tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Tingkat keparahan setiap penderita alergi bisa berbeda-beda, reaksi yang ditimbulkan juga berbeda-beda. Salah satu hal yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah jenis alergi yang diderita. Jika alergi yang diderita merupakan alergi pada kulit maka reaksi yang muncul sebagian besar berupa rasa gatal ataupun kemerahan pada kulit. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, ada banyak sekali cara mengobati alergi kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan. Misalnya saja dengan es batu untuk meredakan rasa gatal, atau juga dengan obat-obatan apabila rasa gatal yang timbul sangat mengganggu.

Sebelum anda mengetahui cara mengobati alergi kulit, tentu sebelumnya anda harus mengetahui penyebab munculnya reaksi alergi tersebut dahulu. Reaksi alergi tidak akan muncul begitu saja ketika pertama kali terpapar oleh pemicu alergi atau yang disebut juga dengan alergen. Saat paparan pertama, tubuh hanya akan mengingat alergen tersebut dan membuat antibodi ketika tubuh terpapar kembali oleh alergen. Maka jangan heran apabila dahulu anda merasa sudah pernah terpapar oleh alergen tersebut namun tubuh anda tidak menimbulkan reaksi apapun. Karena reaksi alergi muncul saat paparan kedua dan selanjutnya. Ketika tubuh sudah mengingat alergen tersebut, hanya dalam hitungan menit setelah terpapar alergen, tubuh akan menimbulkan reaksi alergi yang mengganggu. Namun tak jarang ada beberapa kasus yang baru memunculkan reaksi alergi beberapa hari setelah terpapar alergen. Jadi anda tidak perlu khawatir ataupun parno. Selama anda berhati-hati agar tidak terpapar oleh alergen untuk kedepannya, anda bisa menjalani aktivitas anda sehari-hari seperti biasa. Bagi anda yang pernah mengalami reaksi anafilaksis atau reaksi alergi yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa, anda harus selalu sedia obat anti alergi yang sudah diresepkan oleh dokter. Dengan begitu reaksi alergi yang muncul dapat dihentikan ataupun dikurangi gejalanya sebelum menjadi semakin parah. Berikut adalah beberapa gejala dari reaksi anafilaksi yang sering muncul pada alergi kulit.


1. Kulit memerah
2. Sulit bernapas
3. Perut kram
4. Bengkak pada bagian tenggorokan dan juga mulut
5. Hilangnya kesadaran
6. Tubuh terasa lemas secara tiba-tiba

Walaupun reaksi alergi yang muncul bukan merupakan gejala reaksi anafilaksis, anda tetap harus waspada dan harus tahu cara mengobati alergi kulit setelah terpapar alergen. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan tanpa menggunakan obat-obatan.

1. Tidak menggaruk
Rasa gatal merupakan reaksi alergi pada kulit yang sering muncul. Sebaiknya anda tidak menggaruk area yang gatal karena semakin anda garuk, maka rasa gatalnya akan semakin parah dan dapat meningkatkan resiko infeksi pada kulit. Tentunya anda tidak ingin apabila timbul infeksi pada kulit karena hal tersebut dapat memperparah reaksi alergi yang muncul. Anda harus bisa menahan keinginan untuk menggaruk untuk kebaikan diri anda sendiri.

2. Mandi dengan air dingin
Air yang dingin dapat membantu meredakan rasa gatal yang timbul. Jika anda tidak ingin terlalu ribet, anda cukup mengkompres area yang gatal dengan handuk yang telah direndam dengan air dingin. Setelah dikompres, keringkan dengan handuk bersih dan lembut lalu oleskan pelembab. Hindari mandi dengan air hangat karena dapat membuat rasa gatal menjadi semakin parah dan membuat kulit menjadi kering.

3. Menggunakan pakaian yang lembut dan juga longgar
Pakaian yang ketat akan meningkatkan kemungkinan area yang gatal bersinggungan dengan pakaian. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa gatal semakin menjadi-jadi. Gunakanlah pakaian yang longgar dan juga lembut. Hindari penggunaan pakaian dengan bahan wol karena dapat memperparah rasa gatal.

4. Menghindari alergen
Ini adalah cara yang paling mudah dan anda tidak perlu menahan rasa gatal akibat terpapar oleh alergen. Apabila anda sudah mengetahui penyebab dari alergi kulit anda, maka anda sudah tahu apa yang harus anda lakukan untuk menghindari alergen tersebut. Namun jika anda masih belum mengetahui penyebab alergi anda, maka sebaiknya lakukan tes alergi.

Ketika empat cara mengobati alergi kulit di atas belum juga manjur, anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan resep obat anti alergi. Ada berbagai jenis obat anti alergi, ada obat yang dikonsumsi seperti tablet dan ada pula yang berupa salep atau krim. Untuk salep atau krim biasanya diberikan untuk meredakan rasa gatal yang muncul. Salep atau krim tersebut mengandung hidrokortison yang dapat mengurangi rasa gatal.


EmoticonEmoticon